Penanaman Nilai-Nilai Toleransi pada Keluarga Beda Agama di Desa Getas Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung

Khasanah, Mir’atul (2018) Penanaman Nilai-Nilai Toleransi pada Keluarga Beda Agama di Desa Getas Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi FIX.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai-nilai toleransi pada keluarga beda agama, implementasi penanaman toleransi pada keluarga beda agama dalam pendidikan Islam, dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penanaman nilai-nilai toleransi pada keluarga beda agama di Desa Getas Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana penanaman nilai-nilai toleransi pada keluarga beda agama, (2) Bagaimana implementasi penanaman toleransi pada keluarga beda agama dalam pendidikan Islam, dan (3) Apa sajakah faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penanaman nilai-nilai toleransi pada keluarga beda agama di Desa Getas Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Penanaman nili-nilai toleransi pada keluarga beda agama dengan memberikan sebuah pemikiran bahwa setiap anggota bebas memilih keyakinan yang dianut selama tidak mengakibatkan permusuhan antar anggota keluarga, tidak melakukan paksaaan, selalu mengutamakan kedamain dan ketentraman, memberikan sebuah kebebasan untuk memilih keyakinan sesuai hati nuraninya, memposisikan orang tua sebagai pembimbing anak-anak, memberikan sebuah pemahaman untuk selalu menghormati dan menghargai perbedaan atas kepercayaan yang di anutnya. (2) Implementasi penanaman toleransi pada keluarga beda agama dalam pendidikan Islam adalah: pendidikan akidah dengan cara menanamkan tauhid, menanamkan keimanan, mempelajari pendidikan Islam pada anak dan mengajarkan birrul walidain serta berakhlakul karimah. Pendidikan akhlak pada anak dengan cara mengajarkan tata cara bergaul yang baik, kesopanan, keserdehanaan, dan membiasakan menjauhi perbuatan tercela. Pendidikan ibadah melaksanakan sholat 5 waktu, membaca kitab suci, mengaji di TPA, pengajian keagamaan, kegiatan yasinan, serta menjalankan syari’at Islam. (3) Faktor-faktor yang mendukung penanaman nilai-nilai toleransi pada keluarga beda agama, yakni: kesadaran agama tiap individu, sejarah sosial, menghargai kemajemukan, dan dukungan pemerintah dalam membangun kehidupan beragama. Faktor-faktor yang menghambat penanaman nilai-nilai toleransi pada keluarga beda agama, yakni: sikap fanatik,dan pemikiran sempit atau minimnya pegetahuan keberagamaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 06:39
Last Modified: 03 May 2018 06:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4075

Actions (login required)

View Item View Item