Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Haji dan Umroh Melalui Metode Talking Stick pada Siswa Kelas VIII MTs Nurul Islam Kecamatan Musuk dan MTs N 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018

Nasikhah, Choirin (2018) Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Haji dan Umroh Melalui Metode Talking Stick pada Siswa Kelas VIII MTs Nurul Islam Kecamatan Musuk dan MTs N 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
choirin nasikhah 11113007.pdf

Download (5MB)

Abstract

Choirin Nasikhah. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Haji dan Umroh Melalui Penerapan Metode Talking Stick pada Siswa Kelas VIII MTs Nurul Islam Kecamatan Musuk dan MTs N 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Imam Sutomo, M.Ag. Kata Kunci: Metode Talking Stick, Hasil Belajar Fiqih, Haji dan Umroh. Penelitian ini merupakan sebuah upaya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih pada materi haji dan umroh siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Kecamatan Musuk dan MTs N 3 Boyolali. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) apakah penerapan metode talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Ringinlarik Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali?. 2) Apakah penerapan metode talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Boyolali?. 3) Bagaimana perbandingan hasil belajar fiqih di MTs Nurul Islam Musuk dan MTs N 3 Boyolali?. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui efektifitas metode talking stick dalam peningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Ringinlarik Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali. 2) Untuk mengetahui efektivitas metode talking stick dalam peningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs N 3 Boyolali. 3) Untuk mengetahui perbandingan hasil belajar fiqih materi haji dan umroh dengan menggunakan metode talking stick pada kedua MTs. Metode penelitian adalah PTK dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen tes digunakan untuk mengetahui perkembangan siswa setelah mendapatkan pembelajaran. Observasi digunakan untuk mendapatkan data mengenai keadaan kelas, suasana pembelajaran, kreativitas guru dan keaktifan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih pada siswa kelas VIII di kedua MTs tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase ketuntasan hasil belajar siswa MTs Nurul Islam Musuk, yaitu: pra siklus sebesar 47,8%, siklus I sebesar 73,9%, dan siklus II sebesar 100%. Dan di MTs N 3 Boyolali, yaitu: pra siklus sebesar 52,8%, siklus I sebesar 83,3%, dan siklus II sebesar 100%. Serta menunjukkan hasil perbandingan antara kedua MTs bahwa hasil persentase ketuntasan belajar siswa di MTs Nurul Islam Musuk lebih rendah dibandingkan di MTs N 3 Boyolali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 06:51
Last Modified: 03 May 2018 06:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4078

Actions (login required)

View Item View Item