PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA ALQUR’AN MELALUI METODE YANBUA PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SALATIGA TAHUN 2014

Choliyah, Siti Ayamil (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA ALQUR’AN MELALUI METODE YANBUA PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SALATIGA TAHUN 2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Siti Ayamil Choliyah_11111087.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dengan menerapkan metode Yanbu‟a dapat mengatasi kesulitan belajar membaca al-Qur‟an peserta didik semester ganjil kelas VII D dan VII E SMP Negeri 3 Salatiga tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah Peserta didik kelas VII D dan VII E SMP Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan tes evaluasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah rata-rata kelas 65 dan persentase ketuntasan belajar klasikal 75%. Pada penelitian tindakan kelas ini diawali dengan tahap pra siklus. Pra siklus dilaksanakan untuk mencari informasi tentang permasalahan dan apa yang menjadi penyebabnya. Dari permasalahan yang ada diberi tindakan sebagai solusi dari permasalahan pada siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus ada 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus 1 dilaksanakan 2 pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan dengan 2 pertemuan. Hasil belajar peserta didik sebelum diberikan tindakan pada tahun 2014/2015 rata-rata kelas yang dicapai 60,78 dengan ketuntasan belajar klasikal 36,84%. Pada tahap siklus 1 setelah dilaksanakan tindakan nilai rata-rata peserta didik naik menjadi 73,70 dengan ketuntasan belajar klasikal 73,68 %. Kemudian pada siklus 2 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu mencapai 82,11 dengan ketuntasan belajar klasikal 86,84%. Dari dua tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan metode Yanbu‟a dalam membaca al-Qur‟an. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode Yanbu‟a dapat meningkatkan prestasi belajar membaca al-Qur‟an peserta didik kelas VII D dan VII E SMP Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 07:53
Last Modified: 18 Feb 2016 07:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/409

Actions (login required)

View Item View Item