IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ASWAJA UNTUK PENINGKATAN IMAN DAN TAQWA DI SMK AL FALAH SALATIGA

Choriyah, Siti (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ASWAJA UNTUK PENINGKATAN IMAN DAN TAQWA DI SMK AL FALAH SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Choriyah, Siti. 2017. Implementasi Pembelajaran Aswaja untuk Peingkatan Iman dan Taqwa di SMK Al Falah Salatiga Tahun 2017. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Rasimin, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Aswaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pembelajaran aswaja di SMK Al Falah Salatiga, (2) peranan pembelajaran aswaja untuk peningkatan iman dan taqwa terhadap siswa SMK Al Falah Salatiga, dan (3) faktor penghambat dan faktor pendukung yang dilakukan dalam pembelajaran aswaja untuk peningkatan iman dan taqwa siswa SMK Al Falah Salatiga. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakanmetodeobservasi, interview/wawancara, dandokumentasi. Subyek yang diteliti adalah kepala sekolah, guru PAI, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran aswaja di SMK Al Falah Salatiga di lakukan dengan cara sholat dhuhur berjamaah, sholat dhuha berjamaah, dan mujahadah; (2) implementasi pembelajaran aswaja untuk peningkatan iman dan taqwa di SMK Al Falah Salatigadengan keteladan yang diawali oleh para guru; (3) fakor pendukung implementasi pembelajaran aswja untuk peningkatan iman dan taqwa di SMK Al Falah Salatiga terbagi menjadi dua, yaitu faktor intern (keadaan siswa itu sendiri) dan faktor ekstern (visi dan misi sekolah, kekuatan dari guru dan dukungan seluruh stakeholders, kegiatan yang sudah terprogram dan budaya sekolah, prinsip kebersamaan antar warga sekolah, jumlah siswa yang tidak terlalu banyak sehingga mudah untuk mengontrol, sarana dan prasarana serta fasilitas yang baik, dan lingkungan yang kondusif); faktor penghambatnya juga dapat digolongkan menjadi dua, faktor intern (kondisi siswa itu sendiri dan perbedaan karakter pada masing-masing siswa) dan faktor ekstern (perbedaan kebudayaan antara sekolah dengan rumah, kurangnya waktu pengawasan ketika siswa di luar sekolah, lingkungan bergaul, dan media sosial).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 08:00
Last Modified: 03 May 2018 08:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4092

Actions (login required)

View Item View Item