Faridah, Nurul (2018) ANALISIS ISI BUKU TEKS SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII SMP/MTs TERBITAN KEMENDIKBUD EDISI REVISI 2016. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi jadi.pdf Download (5MB) |
Abstract
Faridah, Nurul. 2018. Analisis Isi Buku Teks Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP/MTs Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2016. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Bahroni, M. Pd. Kata Kunci: Buku Teks Siswa, PAI, Budi Pekerti Penelitian ini merupakan suatu bentuk analisis terhadap buku ajar yang menjadi acuan dalam proses pembelajaran peserta didik berdasarkan kurikulum yang diberlakukan. Pemilihan buku ajar perlu melihat dan mempertimbangkan berbagai segi yang wajib memenuhi empat unsur kelayakan, yaitu kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan kegrafikan. Seperti halnya, buku teks pelajaran pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII ini telah mengalami beberapa tahap revisi dikarenakan terjadinya kesalahan beberapa unsur, diantaranya kesalahan redaksional, pembaharuan KD dan penambahan materi. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui layak-tidaknya buku teks pelajaran yang ditinjau dari segi isi atau konten materi, khususnya. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana kelayakan isi buku teks siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP/MTs terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2016 berdasarkan empat dimensi kelayakan isi buku teks?, (2) Bagaimana kelayakan isi buku teks siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP/MTs terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2016 berdasarkan sub komponen kelayakan isi buku teks oleh BSNP?. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kepustakaan (library research) melalui metode dokumentasi dengan teknik analisisnya adalah analisis isi (content analysis). Analisis data dilakukan secara sistematis dan logis dimulai dari membaca dan menelaah seluruh data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, isi materi buku teks siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP/MTs ditinjau dari empat dimensi, yaitu dimensi spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan sudah layak digunakan. Rincian persentase kelayakan yang diperoleh yaitu 100% untuk dimensi spiritual, 89% untuk dimensi sosial, 97% untuk dimensi pengetahuan dan 81% untuk dimensi keterampilan. Kedua, isi materi buku teks siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP/MTs apabila ditinjau dari empat sub komponen penilaian kelayakan isi juga sudah layak untuk digunakan dengan rincian persentase kelayakannya yaitu 100% untuk sub komponen kesesuaian SK dan KD, perkembangan dan kebutuhan peserta didik, 91,02% untuk substansi keilmuan dan life skills, 76% yang diperoleh oleh sub komponen wawasan untuk maju dan berkembang serta 83% untuk keberagaman nilai-nilai sosial. Hasil analisis data ini dapat ditarik kesimpulan bahwa kedua kategori di atas yaitu unsur empat dimensi dan empat sub komponen kelayakan isi telah akurat untuk digunakan dalam penilaian kelayakan isi buku teks pelajaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 03 May 2018 08:13 |
Last Modified: | 03 May 2018 08:13 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4096 |
Actions (login required)
View Item |