PENGEMBANGAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JAWA MELALUI METODE CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI TARBIYATUL ATFAL MUSLIMAT NU II, DAWUNG, PULISEN, BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

QASANAH, USWATUN (2018) PENGEMBANGAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JAWA MELALUI METODE CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI TARBIYATUL ATFAL MUSLIMAT NU II, DAWUNG, PULISEN, BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK : Qasanah Uswatun, 2017. (Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Jawa melalui Metode Cerita Bergambar pada Anak Usia 4-5 Tahun di Tarbiyatul Athfal Muslimat NU II Dawung, Pulisen, Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Setia Rini, S.pd, M.Pd. Kata Kunci : Kosakata Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Kreasi Gambar Huruf Abjad, Anak Usia Dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Jawa melalui metode cerita bergambar pada anak usia 4-5 tahun di Tarbiyatul Athfal Muslimat NU II Dawung, Pulisen, Boyolali tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak dengan usia 4 - 5 tahun yang tergabung dalam Kelompok A dan berjumlah 20 anak. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan tes yang berupa lembar kerja anak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan kosakata Bahasa Jawa di Tarbiyatul Athfal Muslimat NU II Boyolali sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas sebesar 28%. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu melalui metode cerita bergambar diperoleh hasil Siklus I sebesar 50% dan Siklus II meningkat menjadi 94%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian sebesar 75% yang telah ditetapkan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode cerita bergambar pembelajaran kosakata Bahasa Jawa dapat diserap anak dengan mudah. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode cerita bergambar dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Jawa pada Anak Usia 4-5 Tahun di Tarbiyatul Athfal Muslimat NU II Boyolali tahun pelajaran 2017/2018 telah terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 May 2018 03:59
Last Modified: 04 May 2018 03:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4105

Actions (login required)

View Item View Item