Setiawan, Danang (2017) IMPLEMENTASI PROGAM GERAKAN GEMAR SEDEKAH (GREGED) DI SD MUHAMMADIYAH (PLUS) KOTA SALATIGA, JAWA TENGAH, INDONESIA. INTERNATIONAL CONFERENCE ON SOCIAL SCIENCES AND HUMANITIES (ICOSAH).
Text
ARTIKEL DANANG.doc Download (161kB) |
Abstract
Pendidikan di Indonesia lebih berorientasi pada penanaman pengetahuan saja. Sehingga dalam, prakteknya peserta didik tidak dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi ini belum terwujud disebabkan tidak adanya progam pendidikan untuk membentuk kecerdasan emosional. Fenomena dan fakta tersebut, menyebabkan banyak pihak menyimpulkan pentingnya peran pendidikan karakter secara intensif sebagai esensi pengembangan kecerdasan emosional melalui progam Gerakan Gemar Sedekah (GREGED). Progam ini menunjukkan pembiasaan berbagi dari siswa, oleh siswa, uktuk siswa. Penyalurannya diberikan ke peserta didik yang miskin, yatim-piatu, siswa yang terkena musibah, masyarakat miskin di sekitar sekolah. Sedekah merupakan ibadah sosial merupakan ibadah yang mempunyai efek langsung dengan konteks kehidupan masyarakat sekitar. Makna sedekah tidak hanya fokus menggunakan harta untuk hal-hal yang baik. Namun terdapat makna sosial yang hendak menyelamatkan kehidupan orang miskin, anak yatim, para pengemis, pemulung dan peminta-minta. Sedekah berarti bentuk sikap kita untuk membentengi diri dari kefakiran. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pendidikan gerakan gemar sedekah (GREGED) di SD Muhammadiyah (Plus) kota Salatiga? (2) Bagaimana program gerakan gemar sedekah (GREGED) dalam perspektif psikologi? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Untuk memperoleh data program GREGED yang valid, dalam penelitian ini diperlukan pengumpulan data dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Tujuan penelitian deskriptif dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan program gerakan gemar sedekah (GREGED) di SD Muhammadiyah (Plus) kota Salatiga. Hasil penelitian ini dengan bersedekah masing-masing siswa akan muncul kepedulian sosial. Desain pendidikan karakter seperti ini berfungsi sebagai wahana sistemik pengem- bangan kecerdasan emosional yang membekali peserta didik dengan kompetensi kecerdasan plus karakter.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? S2 ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 04 Sep 2018 14:55 |
Last Modified: | 04 Sep 2018 14:55 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4134 |
Actions (login required)
View Item |