PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAIMATERI IMAN KEPADA MALAIKAT MENGGUNAKAN METODE MIND MAP PADA SISWA KELAS VII SMP AL MUSYAFFA’ KENDALTAHUN PELAJARAN 2017/2018

Farida, Nurul Aini Elok (2018) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAIMATERI IMAN KEPADA MALAIKAT MENGGUNAKAN METODE MIND MAP PADA SISWA KELAS VII SMP AL MUSYAFFA’ KENDALTAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
sksripsi full.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VII F SMP Al Musyaffa’ Kendal pada mata pelajaran PAI materi Iman kepada malaikat Allah dengan menggunakan metode Mind Map. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah : apakah dengan menggunakan metode Mind Map dapat meningkatkan prestasi belajar sisiwa kelas VII F SMP Al Mustaffa’ Kendal Tahun Pelajaan 2017/2018? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK),yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru. Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas VII F SMP Al Musyaffa’ Kendal yang berjumlah 29 siswi. Adapun Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunkanan metode mind map dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran tanpa adanya rasa bosan serta meningkatkan prestasi belajar siswa yang dilakukan dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: 1) Mempelajari konsep suatu materi pelajaran, 2) Menentukan ide-ide pokok secara berkelompok, 3) Membuat atau menyusun mind map menggunakan media Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan 4) Presentasi kelompok di depan kelas. Hasil penelitian dapat dilihat dari penelitian tindakan kelas yang di lakukan pada siklus I,II, dengan hasil nilai rata-rata mengalami peningkatan. Pada pra siklus sebesar 67,59 menjadi 75,86 pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 82,41. Untuk angka ketuntasan belajar siswa dari pra siklus kesiklus I naik menjadi 22 anak atau sebesar 76% dan pada siklus II meningkat menjadi 27 anak atau 93%. Karena pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai lebih dari 85% dari jumlah siswa, maka peneli menghentikan peneltian, karena hasil penelitian sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan dalam ketentuan PTK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 03:35
Last Modified: 17 Oct 2018 03:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4170

Actions (login required)

View Item View Item