Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an Dan Hadits Materi Tajwid Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas Viii Semester I Di Mts Muhammadiyah 05 Kemusu Kabupaten Boyolalitahun Pelajaran 2018/2019.

Dahlianawati, Devi (2018) Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an Dan Hadits Materi Tajwid Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas Viii Semester I Di Mts Muhammadiyah 05 Kemusu Kabupaten Boyolalitahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi fix.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an dan Hadits materi tajwid melalui metode tutor sebaya pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 05 Kemusu Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Semester I di MTs Muhammadiyah 05 Kemusu Kabupaten Boyolali yang terdiri dari 15 laki-lakidan 12 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapanya itu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan cara membandingkan pencapaian hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan kriteria ketuntasan klasikal (KKM) atau menggunakan deskriptif-kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi tajwid pada siswa kelas VIII tahun pelajaran 2018/2019 dengan metode Tutor Sebaya. Rata-rata kelas pada tahap pra siklus yaitu 53,8, pada siklus I naik menjadi 60,4 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 83,7. Dan ketuntasan klasikal pada tahap pra siklus sebesar 14,8%, pada siklus I menjadi 37,03% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 92,6%. Hasil pelaksanaan pada siklus II ini telah mencapai keberhasilan melebihi batas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75 dan ketuntasan klasikalnya yaitu 85%. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi Tajwid pada siswa kelas VIII semester I di MTs Muhammadiyah 05 Kemusu Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 06:42
Last Modified: 17 Oct 2018 06:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4194

Actions (login required)

View Item View Item