ZULVA, ARIYA (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENYIMAK TEKS CERITA RAKYAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VI MI NURUL ULUM GUNUNG TUMPENG KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
ariya.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Nurul Ulum Gunung Tumpeng kecamatan suruh kabupaten Semarang belum menggunakan berbagai stategi atau metode pembelajaran aktif. Hal ini menyebabkan siswa cenderung pasif dan kueangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru terutama materi menyimak teks cerita rakyat. Terbukti dari rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang ditentukan sekolah yaitu 65. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Menyimak Teks Cerita Rakyat pada siswa kelas VI MI Nurul Ulum Gunung Tumpeng tahun 2018?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Menyimak Teks Cerita Rakyat melalui metode pembelajaran Snowball Throwingpada siswa kelas VI MI Nurul Ulum Gunung Tumpeng Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 21 siswa meliputi 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Instrumen penilaian meliputi RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Menyimak Teks Cerita Rakyat pada siswa kelas VI MI Nurul Ulum Gunung Tumpeng Tahun 2018. Siklus I ke siklus II terjadi kenaikan 12,81. Tercapainya target KKM dari 21 siswa pada siklus I yang tuntas berjumlah 14 siswa ( 67%), dan terjadi peningkatan pada siklus II yang tuntas berjumlah 18 Siswa ( 86%). Jadi secara klasikal kelas melampaui KKM yang di persyaratkan yaitu 85%. Penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Oct 2018 06:43 |
Last Modified: | 17 Oct 2018 06:43 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4195 |
Actions (login required)
View Item |