Implementasi Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Walisongo Karangmalang Sragen Tahun Pelajaran 2018/2019

Rohaniah, Erliana Fitri (2018) Implementasi Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Walisongo Karangmalang Sragen Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (7MB)

Abstract

SMA Walisongo Karangmalang adalah salah satu sekolah swasta menengah atas yang berhasil menduduki sebagai sekolah Islam rujukan di kabupaten Sragen. Sekolah tersebut mampu meningkatkan mutu pembelajarannya melalui pelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan cara tertib Manajemen. Manajemen Pembelajaran di SMA Walisongo dilakukan mulai dari menyusun perangkat pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dengan menyiapkan materi, metode, dan media, kemudian juga mengevaluasi hasil pembelajaran siswa. Hal tersebut bertujuan agar dalam penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas dapat terencana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas. Hal ini menarik untuk dilakukan penelitian agar memberikan pemahaman kepada para guru dalam melaksanakan tertib manajemen. Selain itu, peneliti juga akan memberikan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat tentang manajemen pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi lapangan dan di dalam kelas, kemudian dokumentasi. Berdasarkan analisis data penelitian, maka peneliti memperoleh hasil bahwa: Untuk perencanaan kegiatan belajar mengajar dewan guru mengadakan rapat awal tahun pelajaran baru untuk mempersiapkan RPP, Silabus, Prota, Promes, dan perangkat pembelajaran lainnya dengan baik. Dalam pelaksanaannya, guru PAI memilih metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajarannya. Untuk mengevaluasi hasil belajar, guru memberikan pertanyaan di akhir pelajaran kepada siswanya dan untuk dewan guru juga mengadakan rapat akhir tahun guna untuk mengevaluasi secara keseluruhan hasil kinerja guru dan siswa. Kemudian untuk faktor pendukung dalam pelaksanaan Manajemen Pembelajaran yaitu keadaan dalam kelas yang nyaman karena adanya sarpras yang mendukung dan berada dalam lingkungan Pondok Pesantren sehingga siswa yang bersekolah di SMA Walisongo juga wajib mondok, maka diyakini dapat mempermudah daya serap siswa dalam pembelajaran PAI. Sedangkan untuk faktor penghambat dalam pelaksanaan Manajemen Pembelajaran yaitu karena proyektor tidak terpasang secara permanen di dalam kelas, maka untuk mempersiapkan dapat menguras waktu pelajaran dan terkadang guru kehabisan waktu sehingga tidak bisa melakukan evaluasi diakhir pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 07:09
Last Modified: 17 Oct 2018 07:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4202

Actions (login required)

View Item View Item