Implementasi Metode Tasmi’ dan Takrir dalam Hafalan Qur’an. (Studi Kasus Santriwati Islamic Boarding School Of Darul Fikri Bawen Tahun 2018

Iriyanti, Khusnadhya Hannif (2018) Implementasi Metode Tasmi’ dan Takrir dalam Hafalan Qur’an. (Studi Kasus Santriwati Islamic Boarding School Of Darul Fikri Bawen Tahun 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
KHUSNADHYA HANNIF.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya keluhan dari teman-teman yang sedang menghafalkan al-Qur’an maupun yang sudah hatam al-Qur’an. Mereka sangat kesulitan dalam menambah hafalan serta kesulitan dalam menjaga hafalan. Oleh karena itu, perlu ada suatu metode untuk bisa menambah serta mempertahankan hafalan yang telah mereka hafalkan sebelumnya. Yakni dengan menggunakan metode tasmi’ dan takrir. Agar hafalan yang mereka hafalkan itu masih tetap menetap pada hati serta fikiran. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat diambil rumusan masalah: (1) Bagaimana implementasi metode tasmi’ dan takrir dalam menghafal al-Qur’an. (2) Apa saja faktor pendukung serta faktor penghambat dalam menghafalkan al-Qur’an. Berpijak pada rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan implementasi metode tasmi’ dan takrir dalam menghafal al-Qur’an. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menghafalkan al-Qur’an. Dalam hal ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik penggumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Proses implementasi metode tasmi’ dan takrir dalam menghafalkan al-Qur’an di IBS Darul Fikri Bawen telah berjalan dengan sangat baik, hal ini berdasarkan adanya realita bahwa proses menghafal al-Qur’an menggunakan ke-dua metode tersebut, walaupun belum sempurna dan masih ada beberapa hambatan. (2) Faktor pendukung dalam menghafal al-Qur’an di IBS Darul Fikri Bawen antara lain: adanya motivasi dari orang tua, adanya motivasi dari guru, mempunyai target dalam menghafal al-Qur’an, selalu berdo’a agar dimudahkan dalam menghafal al-Qur’an serta adanya lembar evaluasi. Sedangkan faktor penghambat ialah: kurangnya kesungguhan dalam menghafal al-Qur’an, mengalami pubertas, lelah, tingkat kecerdasan berbeda-beda, serta adanya ayat-ayat mutasyabihat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 07:14
Last Modified: 17 Oct 2018 07:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4204

Actions (login required)

View Item View Item