Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti Materi Al-Quran Sebagai Pedoman Hidup dengan Menggunakan Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Siswa Kelas XI Mipa 3 SMA Islam Sudirman Ambarawa Tahun Pelajaran 2018/ 2019

Hidayah, Siti (2018) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti Materi Al-Quran Sebagai Pedoman Hidup dengan Menggunakan Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Siswa Kelas XI Mipa 3 SMA Islam Sudirman Ambarawa Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Gabungan BAB I, BAB II, BAB III.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti pada Siswa Kelas XI Mipa 3 SMA Islam Sudirman Ambarawa Kec. Ambarawa, Kab. Semarang. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti serta siswa kelas XI Mipa 3 SMA Islam Sudirman Ambarawa Kec. Ambarawa, Kab. Semarang yang terdiri dari 34 siswa yaitu 10 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan Metode (STAD) hanya 41, 17% (14 siswa) yang (KKM), sedangkan 58, 82% (20 siswa) belum memenuhi KKM meningkat pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 18 siswa dari 34 siswa atau 52, 94% dengan nilai rata-rata 68, 38. Pada siklus II yang mencapai KKM sebanyak 25 siswa dari 34 siswa atau 73, 52% dengan nilai rata-rata 77,79. Pada siklus III siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan klasikal siswa yang mencapai KKM sebanyak 30 siswa atau 88, 23% ≥ 85% dengan nilai rata-rata 82, 20. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan Metode (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran PAI dan Budi Pekerti materi Al-Quran sebagai Pedoman Hidup pada siswa kelas XI Mipa 3 SMA Islam Sudirman Ambarawa Tahun pelajaran 2018/ 2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2018 03:10
Last Modified: 18 Oct 2018 03:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4227

Actions (login required)

View Item View Item