UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS 6 DI MI MA’ARIF SUMBEREJO KEC. NGABLAK KAB. MAGELANG TAHUN 2014

Solikin, Ahmad lilik (2015) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS 6 DI MI MA’ARIF SUMBEREJO KEC. NGABLAK KAB. MAGELANG TAHUN 2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Ahmad Lilik Solikin_11510079.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas upaya peningkatan prestasi belajar ipa materi ciri khusus makhluk hidup melalui metode index card match pada siswa kelas 6 di MI Ma‟arif Sumberejo. Dengan rumusan masalah apakah me lalui penerapan metode index card match dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi ciri khusus makhluk hidup pada kelas 6 MI Ma‟arif Sumberejo Kec. Ngablak Kab. Magelang Tahun 2014?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas kolaboratif, subjek penelitian siswa kelas 6 MI Ma‟arif Sumberejo. Pengumpulan data menggunakan instrumen butir soal tes untuk mengukur hasil belajar setiap siklus, pedoman/lembar pengamatan (observasi) bagi guru dan siswa, dan dokumentasi untuk melengkapi data. Data yang diperoleh pada setiap kegiatan dari setiap siklus dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik presentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat problematika dalam pembelajaran IPA disebabkan metode yang digunakan guru masih monoton. Hasil belajar mata pelajaran IPA materi ciri khusus makhluk hidup pada kelas 6 mengalami peningkatan, nilai yang diperoleh siswa dari pra siklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Ta hap pra siklus siswa yang telah mencapai KKM Kelas ada 7 siswa dan 5 siswa belum mencapai KKM kelas. Setelah diadakan tahap Siklus I terdapat 8 siswa mencapai KKM Kelas yang berarti terjadi peningkatan 1 siswa atau 8,34% dan siswa yang belum mencapai KKM kelas ada 4 siswa atau 33,33 %. Tahap Siklus II siswa yan g mencapai KKM Kelas sebanyak 10 siswa yang berarti terjadi peningkatan sebanyak 2 siswa atau 16,67 % dan siswa yang belum mencapai KKM kelas ad 2 siswa atau 16,67 %. Tahap siklus III membuktikan bahwa semua siswa telah mencapai KKM Kelas atau 100% telah mencapai KKM Kelas. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi pendidik atau guru dalam pembelajaran IPA, dengan menggunakan metode yang lebih berfariasi lagi sehingga tujuan pembelajaran tercapai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2016 01:26
Last Modified: 19 Feb 2016 01:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item View Item