PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MINIATUR LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN PADA SISWA KELAS III SEMESTER I SD NEGERI I URUTSEWU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Kurnianingrum, Erin (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MINIATUR LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN PADA SISWA KELAS III SEMESTER I SD NEGERI I URUTSEWU TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
erin.pdf

Download (3MB)

Abstract

Strategi belajar sangat memengaruhi siswa dalam memahami materi pelajaran, sehingga guru harus memilih media pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga dapat menarik minat belajar siswa dalam mengikuti pelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penggunaan media miniatur dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial materi lingkungan alam dan buatan pada siswa kelas III semester I SD Negeri 1 Urutsewu Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi kenampakan alam dan buatan di SD Negeri I Urutsewu Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Urutsewu Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali yang berjumlah 24 siswa meliputi 12 laki-laki dan 12 perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ≥ 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media miniatur dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 1 Urutsewu Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2018/2019. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Siklus I ke Siklus II 25%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa siswa pada siklus I 62,5% siswa tuntas belajar, siklus II 87,5% siswa tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2018 03:48
Last Modified: 18 Oct 2018 03:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4238

Actions (login required)

View Item View Item