Mustofa, Mustofa (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MATERI TAAT PADA ORANG TUA DAN GURU MELALUI METODE WRITING IN HERE AND NOW PADA SISWA KELAS XI SEMESTER GANJIL MAN 1 SEMARANG KEC. SURUH KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
skripsi fix..pdf Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi pembelajaran Writing in the here and now (menulis pengalaman secara langsung) sangat tepat untuk mendorong siswa agar belajar dengan caranya sendiri, bekerja dengan caranya sendiri juga memberi siswa kesempatan untuk memikul tanggung jawab pribadi atas apa yang mereka pelajari.Hasil observasi dan wawancara, peneliti menemukan beberapa kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits diantaranya: Penguasaan materi pelajaran oleh siswa yang diajarkan oleh guru masih sangat rendah, Siswa sering merasa bosan dengan metode pembelajaran oleh guru yang monoton dan siswa juga menganggap mendapat nilai rendah tidak masalah karena mata pelajarannya tidak termasuk mata pelajaran ujian nasional. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi taat pada orang tua dan guru dengan menggunakan metode Writing In Here and Now pada siswa kelas XI MAN 1 Semarang Kec. Suruh Kab. Semarang tahun pelajaran 2018/2019 Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar yang berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama.Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, dan pengamatan langsung selama proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Writing In Here and Now dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi taat pada orang tua dan guru pada siswa kelas XI MAN 1 Semarang Kec. Suruh Kab. Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini di buktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan perolehan nilai rata-rata kelas siswa dari Pra Siklus yaitu 67,87 dan meningkat 9,22 pada siklus I menjadi 77,09. Sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat 7,72 menjadi 84,81. Untuk ketuntasan siswa pada pra siklus hanya 10 anak atau 30,30%, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 24 anak atau 72,27% mengalami peningkatan sebanyak 41,97%. Sedangkan pada siklus II ketuntasan anak menjadi 33 anak atau 100%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 04:04 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 04:04 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4243 |
Actions (login required)
View Item |