PENANAMAN BUDAYA BERBAHASA JAWA KRAMA DI MADRASAH IBTIDAIYYAH TEGALWATON KECAMATAN TENGARAN DAN MADRASAH IBTIDAIYYAH AL ISLAM BONOMERTO KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2018

KHUZAEFI, KHULUKUL (2018) PENANAMAN BUDAYA BERBAHASA JAWA KRAMA DI MADRASAH IBTIDAIYYAH TEGALWATON KECAMATAN TENGARAN DAN MADRASAH IBTIDAIYYAH AL ISLAM BONOMERTO KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi yang paling esensial bagi manusia. Bahasa yang dimiliki oleh manusia sangat dinamis sehingga terus berkembang dari waktu ke waktu. Aturan berbahasa itu diistilahkan sebagai Linguistic Etiquette. Dalam Linguistic Etiquette terdapat istilah tingkat tutur (speech levels). Penanaman bahasa di SD/MI dilaksanakan secara terpadu dengan bentuk keterkaitan antar bidang studi. Bahasa Jawa adalah bahasa ibu orang - orang Jawa. Tingkat tutur dalam bahasa Jawa yang umum adalah (1) Ngoko, (2) Krama Madya, dan (3) Krama Inggil. MI Tegalwaton dan MI Al Islam Bonomerto berhasil melakukan penanaman budaya berbahasa Jawa krama yang prakteknya antara siswa dengan guru, guru dengan guru dan guru dengan kepala madrasah. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif terhadap informan dari pihak MI Tegalwaton dan MI Al Islam Bonomerto. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena dari data-data yang diperoleh dari obyek penelitian, yang kemudian dilakukan analisis. Hasil penelitian ini adalah (1) Program madrasah yang menanamkan budaya berbahasa Jawa krama, yaitu: MI Tegalwaton dengan senyum, salam, sapa, santun (4S), menjadi pembiasaan setiap hari di lingkungan madrasah dimulai dari pagi hari. MI Al Islam Bonomerto dengan penggunaan dua yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Jawa krama saat pembelajaran di kelas antara guru dan siswa. (2) Hasil penanaman budaya berbahasa Jawa krama di MI Tegalwaton dan MI Al Islam Bonomerto dapat dilihat melalui pengamatan perilaku peserta didik yang mulai konsisten dalam praktek berbahasa Jawa krama; (3) Hambatan dialami siswa ialah: kurang sesuai menggunakan kosa kata, kesulitan menghafal dan siswa kurang minat dalam menggunakan bahasa Jawa krama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2018 04:53
Last Modified: 18 Oct 2018 04:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4248

Actions (login required)

View Item View Item