Diananda, Septika Wahyu (2015) PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR BACA TULIS AL QUR’AN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-IMAN KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Septika Wahyu Diananda_11509033.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Bagaimana peran orang tua siswa MI Al Iman Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014, 2) Bagaimana kompetensi profesional guru MI Al Iman Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014, 3) Bagaimana prestasi belajar BTQ siswa MI Al Iman Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014, 4) Adakah pengaruh peran orang tua terhadap prestasi belajar BTQ siswa di MI Al Iman Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014, 5) Adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar BTQ siswa di MI Al Iman Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014, 6) Adakah pengaruh peran orang tua dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar BTQ siswa MI Al Iman Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian sebanyak 32 orang, menggunakan teknik purposive sample. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data X1,X2 dan data Y. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Peran orang tua terhadap prestasi belajar BTQ siswa di MI Al Iman Magelang tergolong sedang dengan prosentase 68,75%, 2) Kompetensi Profesional guru terhadap prestasi belajar BTQ siswa di MI al-Iman Magelang tergolong tinggi dengan prosentase 53,12 %, 3) Prestasi belajar siswa di MI Al Iman kota magelang tergolong tinggi dengan prosentase 56,25%, 4) Ada pengaruh yang signifikan antara peran orang tua terhadap prestasi belajar BTQ siswa MI Al Iman Magelang, 5) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar BTQ siswa MI Al Iman Magelang, 6) Ada pengaruh yang signifikan antara peran orang tua dan kompetensi profesional guru secara bersamaan terhadap prestasi belajar BTQ siswa MI Al Iman Magelang. Hal itu di buktikan dengan hasil penghitungan stastisik pada taraf signifikasi 1% menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel yaitu : 0,868> 0,449. Hasil tersebut diuji kebenarannya menggunakan uji F dan diperoleh Fh sebesar 47, Ftabel = 3,32. Jadi Fhitung > Ftabel , yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Feb 2016 04:54 |
Last Modified: | 19 Feb 2016 04:54 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/425 |
Actions (login required)
View Item |