NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM KITAB SULLAM AT-TAUFIQ KARYA SYAIKH SAYYID ABDULLAH BIN HUSAIN BIN THAHIR

FUAD, MUHAMMAD AZIZ (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM KITAB SULLAM AT-TAUFIQ KARYA SYAIKH SAYYID ABDULLAH BIN HUSAIN BIN THAHIR. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FUAD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kitab Sullam At-Taufiq yang berkaitan tentang nilai-nilai pendidikan tauhid. Subjek penelitian yaitu kitab sullam taufiq karya Syaikh Sayyid Abdullah bin Husain bin Thahir. Rumusan masalah yang akan dikaji yaitu: (1) Bagaimana Nilai-nilai Pendidikan Tauhid menurut Syaikh Sayyid Abdullah bin Husain bin Thahir dalam Kitab Sullam At-Taufiq? (2) Bagaimana Relevansi Nilai-nilai Pendidikan Tauhid dalam Kitab Sullam At-Taufiq dengan Pendidikan Indonesia?. Penelitian ini merupakan Penelitian Kepustakaan. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut diatas maka penelitian dimulai membaca tentang nilai pendidikan tauhid yang dijadikan objek penelitian yaitu kitab Sullam At-Taufiq digali lewat beragam informasi kepustakaan berupa buku, kitab, ensiklopedi, jurnal ilmiah, koran, majalah dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi 2 tahap yaitu library research dan literasi. Sumber data yang digunakan terbagi 3 yaitu data primer (kitab Sullam At-Taufiq), data skunder (terjemah kitab Sullam At-Taufiq, risalah tauhid karya Muhammad Abduh, buku Kuliah Aqidah Islam karya Yunahar Ilyas, dan buku-buku lain yang relevan), dan data tersier (buku-buku yang mendukung terselesaikannya penelitian ini). Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi 3 tahap yaitu diskripsi, analisis isi (content analysis), dan menyimpulkannya. Hasil penelitian ini adalah terdapat nilai-nilai pendidikan tauhid dan relevansi antara nilai-nilai pendidikan tauhid dalam kitab Sullam At-Taufiq dengan pendidikan Indonesia. Adapun nilai-nilai pendidikan tauhid dalam kitab Sullam At-Taufiq yaitu pertama, nilai ilahiyah yang mencakup interpretasi iman, islam, ihsan, takwa, sabar, tawakal, syukur, ikhlas dan taubat. Kedua, nilai insaniyah mencakup interpretasi husnudhdhon, jujur, menjaga lisan, silaturahmi, tawadu’, amanah, ukhuwah, dan adil. Sedangkan relevansi nilai-nilai pendidikan tauhid dalam kitab Sullam At-Taufiq dengan pendidikan Indonesia dapat dilihat dari pertama, terdapat relevansi antara tujuan pendidikan nasional dan pancasila sila pertama dengan mengawali penanaman tauhid setiap manusia dengan meyakini dan mahami sifat-sifat Allah dan Rasul-Nya, kedua relevansi antara kewajiban orang islam menjaga islamnya dengan kewajiban peserta didik menjaga norma-norma pendidikan untuk keberhasilan pendidikan, dan ketiga, relevansi antara perhatian guru kepada semua peserta didik tanpa diskriminasi dengan kecintaan pengarang kitab kepada semua orang termasuk orang yang tealah murtad.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2018 06:33
Last Modified: 18 Oct 2018 06:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4252

Actions (login required)

View Item View Item