EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARANFIQH DI MTs NEGERI SEMARANG

CAHYA, ADITIYO NUR (2018) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARANFIQH DI MTs NEGERI SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi adit bab 1-5 fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran berbasis multimedia dan hasil belajar pembelajaran Fiqh melalui pemanfaatan media pembelajaran berbasis multimedia di MTs N Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian, bahwa guru dalam menyampaikan materi pelajaran di kelas menggunakan multimedia seperti, power point dan video pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Dalam kelas A pada mata pelajaran fiqh terdapat 17,2% yang mencapai predikat A. Sedangkan di kelas E terdapat 5,6% yang mencapai predikat A dari semula yang 0%, dengan menggunakan pembelajaran berbasis multimedia.Dapat disimpulkan bahwa, salah satu cara guru untuk mengajak siswa agar lebih tertarik dalam belajar, dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis multimedia. Guru pada mata pelajaran Fiqh menggunakan multimedia tersebut dalam pelajaran dengan menampilkan power point yang berisi materi serta penampilan video yang menarik. Dengan menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia didalam pelajaran, mampu mmeningkatkan hasil belajar siswa. Dalam kelas A dari rata-rata 82 dapat mencapai rata-rata nilai 90 dengan menggunakan pembelajaran berbasis multimedia. Sedangkan di kelas E terdapat peningkatan dari rata-rata nilai 79 menjadi 85.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2018 07:51
Last Modified: 18 Oct 2018 07:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4257

Actions (login required)

View Item View Item