Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dalam Kitab Manhaj Tarbiyah Ibnu Qayyim Karya Hasan Bin Ali Al Hijazy Serta Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam di Indonesia.

UNSPECIFIED (2018) Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dalam Kitab Manhaj Tarbiyah Ibnu Qayyim Karya Hasan Bin Ali Al Hijazy Serta Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan konsep pendidikan agama Islam perspektif Ibnu Qayyim al Jauziyyah dalam kitab Manhaj Tarbiyah Ibnu Qayyim karya Hasan Bin Ali Al Hijazy, 2) Mendeskripsikan pendidikan agama Islam di Indonesia 3) mendeskripsikan relevansi konsep pendidikan agama Islam perspektif Ibnu Qayyim al Jauziyyah dalam kitab Manhaj Tarbiyah Ibnu Qayyim karya Hasan Bin Ali Al Hijazy dengan pendidikan agama Islam di Indonesia.. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepusatakaan (library research) dan pendekatan historis dan filosofis. Sumber data primer yang digunakan adalah buku karya Hasan bin Ali Al-Hijazy berjudul “Manhaj Tarbiyah Ibnu Qayyim”. Sedangkan sumber data sekunder yang digunakan adalah buku-buku yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara mendeskripsikan hasil penelitian sehingga dapat menjadi sebuah laporan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) konsep pendidikan agama Islam perspektif Ibnu Qayyim, pendidikan tidak hanya memberikan pengetahuan saja, namun juga pembinaan akhlak dan moral yang baik sesuai ajaran Islam. 2) pendidikan agama Islam di Indonesia saat ini sudah berjalan dengan baik di lembaga pendidikan dibawah naungan kemenag, sedangkan pada lembaga pendidikan umum kurang karena kurangnya jam pelajaran pendidikan agama Islam 3) Relevansi pendidikan Islam dalam perspektif Ibnu Qayyim al Jauziyyah dengan pendidikan agama Islam di Indonesia pada era globalisasi adalah pemikiran Ibnu Qayyim sesuai dengan pendidikan agama Islam di Indonesia terutama terutama pada pendidikan agama Islam dibawah kelembagaan Kemenag dan Kemendikbud.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2018 08:14
Last Modified: 18 Oct 2018 08:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4264

Actions (login required)

View Item View Item