Munawaroh, Attiqotul (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI PERGAULAN REMAJA DENGAN METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH AL-MANAR BENER KEC. TENGARAN KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
atik.pdf Download (4MB) |
Abstract
Masalah pokok dalam penelitian ini yaitu Apakah penerapan Metode Problem Solving dalam mata pelajaran Aqidah Akhalak materi pergaulan remaja dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI IPS di MA AL-Manar Tengaran Kab. Semarang tahun pelajaran 2018/ 2019. Oleh karena itu, tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui penerapan hasil belajar peserta didik dengan menggunkan metode problem solving dalam mata pelajaran Akidah Akhlak materi pergaulan remaja, pada siswa kelas XI IPS di MA AL-Manar Tengaran Kab. Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research/ Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pra siklus dan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes observasi dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam penerapan metode problem solving mata pelajaran aqidah akhlak. Metode observasi digunakan untuk mengetahui dan menilai aktivitas siswa dan guru ketika KBM berlangsung. Sedangkan dokumentasi digunakan sebagai bukti bahwa penelitian ini memiliki data dari hasil penelitian yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini mulai dari pra siklus, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan ketuntasan siswa. Pra siklus persentasenya adalah 44%, memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 11 siswa yang tuntas. Siklus I persentasenya adalah 60%, memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa 16 siswa sehingga, dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 5 siswa. Data ketuntasan siswa yang dimiliki siklus II persentasenya adalah 96%, sebanyak 24 siswa yang tuntas sehingga, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa. Sedangkan nilai rata-rata kelas yang diperoleh dari hasil nilai setiap siklus juga mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus memiliki rata-rata 71,8 sedangkan pada siklus I memiliki rata-rata 74,4 sehingga memiliki peningkatan sebesar 2,6 dan pada siklus II memiliki rata-rata 84,8 yang meningkat 10,4 dari siklus I. Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa rata-rata siklus II yaitu 84,8 > KKM individu dan KKM nasional yang diterapkan di MA AL-Manar Tengaran yaitu 75, sehingga penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS MA AL-Manar Tengaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 02:47 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 02:47 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4272 |
Actions (login required)
View Item |