Rifaatin, Fitriana (2018) ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN(STUDI PERBANDINGAN MATERI QIROATI DAN YANBU’A). Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN AL-QUR'AN.pdf Download (6MB) |
Abstract
: Pembelajaran al-qur’an membutuhkan metode guna mempermudah dalam mencapai hasil belajar. Setiap metode pembelajaran al-qur’an yang ditawarkan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan dan kekurangan tersebut nampak dari isi materi pembelajaran. Materi dalam pembelajaran al-qur’an haruslah mampu mengarahkan santri/siswa untuk membaca al-qur’an sesuai dengan makhraj dan kaidah ilmu tajwid sehingga santri dapat membaca dengan fasih dan benar. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui sistematika materi pembelajaran membaca Al-Qur’an dalam buku Qiroati; (2) Untuk mengetahui sistematika materi pembelajaran membaca Al-Qur’an dalam buku Yanbu’a; (3) Untuk mengetahui persamaan dan perbedaan sistematika materi pembelajaran membaca al-qur’an dalam buku Qiroati dan Yanbu’a; (4) Untuk mengetahui mana yang lebih efektif antara materi pembelajaran membaca al-Qur’an dalam buku Qiroati dan Yanbu’a. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang berdasrkan objek kajian dengan menggunakan metode content analysis (analisis isi) dan metode analisis komparatif (comparative analysis). Kemudian, penyajian datanya dalam bentuk deskripsi dan tabel supaya mudah dipahami. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa: (1) Sistematika materi dalam buku Qiroati meliputi pengenalan huruf hijaiyyah, tanda-tanda baca (syakl), makharijul huruf, nun sukun dan tanwin, mim sukun, mim dan nun tasydid, macam-macam idgham, lam ta’rif (alif lam qamariyyah dan alif lam syamsiyyah), tafkhim dan tarqiq, mad, hamzah, qalqalah, tanda-tanda waqaf, dan gharaib wa musykilat. (2) Sistematika materi dalam buku Yanbu’a meliputi pengenalan huruf-huruf hijaiyyah, tanda-tanda baca (syakl), makharijul huruf, shifatul huruf, hukum bacaan nun sukun dan tanwin, mim sukun, mim dan nun tasydid, macam-macam idgham, lam ta’rif (alif lam qamariyyah dan alif lam syamsiyyah), tafkhim dan tarqiqi, mad, hamzah, qalqalah, tanda-tanda waqaf, gharaib wa musykilat, dan adabuttilawah. (3) Persamaan sistematika dari keduanya adalah sama-sama membahas tentang materi bagaimana belajar membaca al-Qur’an. Adapun perbedaannya adalah berbedanya jumlah pembagian mad, dan penjelasan sebagian materi yang tidak termasuk dalam susunan jilid atau juz. (4) Materi pembelajaran membaca al-Qur’an dalam buku Yanbu’a lebih efektif daripada buku Qiroati. Isi materi dalam buku Yanbu’a lebih lengkap daripada Qiroati.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 08:04 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 08:04 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4302 |
Actions (login required)
View Item |