Fasikha, Alfi Aidzan (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IBADAH MATERI PINJAM MEMINJAM (AL-‘ARIYAH) MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)PADA SISWA KELAS VIII A SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH SURUH KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi Fiks.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dalam proses pembelajaran Ibadah di kelas VIII A SMP Muhammadiyah Suruh, yaitu rendahnya hasil belajar siswa yang mengakibatkan hampir separo dari jumlah siswa dikelas VIII A tidak tidak lulus dalam evaluasi yang dilakukan oleh guru. Berdasarkan observasi peneliti, Siswa tampak bosan dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru Kurang menarik siswa seperti metode ceramah.Yang berakibat rendahnya penguasaan materi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, seharusnya guru menggunakan metode yang tepat agar siswa ikut aktif dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar. Misalkan menggunakan metode Teams Games Tournament. Teams Games Tournament merupakan pembelajaran kooperatif dengan sistem kelompok. Yang mana menuntut siswa aktif untuk menjawap pertanyaan yang disiapkan oleh guru. Serta membangun rasa kerjasama. Tujuan yang ingin dicapai oleh penelitian skripsi ini adalah Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ibadah Penelitian ini merupakan Classroom Action Research/ Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Metode Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam penerapan metode Teams Games Tournament dalam mata pelajaran Ibadah materi Pinjam Meminjam dan menilai aktivitas siswa dan guru dalam KBM berlangsung. Sedangkan dokumentasi digunakan sebagai bukti bahwa penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah Suruh sebanyak 24 siswa. Hasil dari penelitian ini mulai dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan ketuntasan siswa. Siklus I memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa adalah 17 siswa atau persentasenya 70,84%. Data ketuntasan siswa yang dimiliki siklus II yaitu sebanyak 21 siswa yang tuntas dan dalam persentasena adalah 87,5% sehingga, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan jumlah siswa yang sebanyak 4 siswa atau sebanyak 16,67%, sehingga hasil siklus II yaitu 87,5% yang artinya melebihi KKM Klasikal yaitu 85%. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa VIII A SMP Muhammadiyah Suruh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 08:15 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 08:15 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4303 |
Actions (login required)
View Item |