PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI MASALAH SOSIAL DENGAN METODE KOOPERATIF JIGSAW PADA SISWA KELAS IV MI AL BIDAYAH CANDI, KEC. BANDUNGAN KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Wulandari, Vivi (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI MASALAH SOSIAL DENGAN METODE KOOPERATIF JIGSAW PADA SISWA KELAS IV MI AL BIDAYAH CANDI, KEC. BANDUNGAN KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
bismillah Skripsi CD.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar peserta didik di MI Al-Bidayah Candi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini terbukti hasil wawancara yang peneliti lakukan terhadap guru kelas IV yang mengatakan hasil belajar IPS beberapa peserta didik masih berada di bawah KKM. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik adalah kurangnya penggunaan metode-metode lain yang digunakan guru saat pembelajaran. Rumusan masalah yang dikaji adalah apakah penerapan metode kooperatif jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Masalah Sosial pada siswa kelas IV MI Al Bidayah Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten semarang tahun pelajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari: (1) Planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrumen penelitian lainnya. (2) Acting, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran IPS materi masalah sosial. (3) Observing, pengambilan data tentang hasil melalui metode pengumpulan data, instrumen pengumpulan data dan lembar pengamatan. (4) Reflecting, menganalisis data hasil pengamatan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Al Bidayah Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang yang berjumlah 39 peserta didik, terdiri dari laki-laki 16 peerta didik dan perempuan 23 peserta didik. Hasil penelitian ini adalah (1) nilai rata-rata peserta didik dan ketuntasan belajar pada saat pre test dan post test siklus I menunjukkan nilai rata-rata pre test 62,17 dengan ketuntasan belajar 41,02% sedangkan nilai rata-rata post test 70,00 dengan ketuntasan belajar 56,41%. (2) Nilai rata-rata peserta didik dan ketuntasan belajar pada saat pre test dan post test siklus II mengalami peningkatan, hal ini terbukti dari nilai rata-rata pre test 75,89 dengan ketuntasan belajar 84,61% sedangkan nilai rata-rata post test 79,61 dengan ketuntasan belajar 89,74%. Pada saat penelitian siklus II kenaikan yang terjadi. Hal tersebut dikatakan berhasil karena nilai pada siklus II lebih besar dari 85%, dengan demikian PTK dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2018 08:19
Last Modified: 19 Oct 2018 08:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4305

Actions (login required)

View Item View Item