PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI HEWAN HALAL HARAM MENGGUNAKAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISAWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 2 KLEDUNG KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Dewi, Riska (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI HEWAN HALAL HARAM MENGGUNAKAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISAWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 2 KLEDUNG KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
riska.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar peserta didik SMP Negeri 2 Kledung Kabupaten Temanggung pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, salah satu penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik yaitu dari segi cara pendidik mengajar masih menggunakan metode ceramah sebagai metode utama dalam proses pembelajarannya. Sehingga nilai-nilai yang didapatkan siswa dalam pembelajaran PAI kurang memuaskan, hal ini terbukti dengan masih adanya siswa yang nilai rata-ratanya dibawah 76. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: Apakah penggunaan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran PAI materi Hewan Halal Haram dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Kledung Kabupaten Temanggung tahun pelajaran 2017/ 2018? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Salah satu solusi yang alternatif dari permasalahan di atas perlu di terapkan pembelajaran yang dapat mengaitkan antara materi pembelajaran dengan dunia nyata. Pembelajaran CTL merupakan pendekatan pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan potensi anak secara menyeluruh. Subjek penelitian ini pendidik peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 2 Kledung Kabupaten Temanggung yang terdiri dari 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Dokumentasi dan Wawancara. Hasil penelitian yang telah dilakukan, pembelajaran CTL pada materi hewan halal haram dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kledung kabupaten Temanggung tahun pelajaran 2017/ 2018. Pada pra siklus peserta didik yang mencapai nilai KKM sebanyak 11 peserta didik atau 44% dengan rata-rata 73,44 pada siklus I sebanyak 17 peserta didik atau 68% dengan rata-rata 75,96 sedangkan pada siklus II sebanyak 22 peserta didik atau 88% dengan rata-rata 85, 16. Hal tersebut dikatakan berhasil karena nilai pada siklus II 88% lebih besar dari 85%, dengan demikian PTK dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2018 08:23
Last Modified: 19 Oct 2018 08:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4306

Actions (login required)

View Item View Item