Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Perkembangan Islam Pada Masa Modern(2000-Sekarang) Dengan Metode Instant Assessment Pada Siswa Kelas Xi Ipa 2 Di Sma N 1 Suruh Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018

Tasdikoh, Siti (2018) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Perkembangan Islam Pada Masa Modern(2000-Sekarang) Dengan Metode Instant Assessment Pada Siswa Kelas Xi Ipa 2 Di Sma N 1 Suruh Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SITI TASDIKOH 111-14-144.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam, dan secara umum permasalahan penelitian ini adalah ``Apakah penggunaan metode instant assessment dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam materi perkembangan islam pada masa modern ( 2000 – sampai sekarang) pada siswa kelas XI IPA 2 di SMA N 1 Suruh tahun pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan menggunakan metode instant assessment. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA N 1 Suruh yang berjumlah 23 siswa meliputi 2 siswa laki-laki dan 21 siswi perempuan. Instrumen penelitian meliputi RPP, lembar observasi guru dan siswa, serta soal tes. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Pembelajaran dengan menggunakan metode instant assessment dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil rata-rata setiap siklusnya. Pada prasiklus nilai rata-rata yaitu 74,. Nilai rata-rata tersebut meningkat pada siklus I yaitu 79 dan pada siklus II nilai rata-ratanya yaitu 84. Apabila dilihat dari perolehan nilai tertinggi pada setiap siklusnya juga mengalami peningkatan. Pada prasiklus nilai tertinggi yaitu 80, padan siklus I nilai tertinggi meningkat menjadi 85 dan pada siklus II nilai tertinggi yaitu meningkat menjadi 95. Persentase ketuntasan belajar peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu pada prasiklus yang tuntas hanya 39%, pada siklus I meningkat menjadi 78% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru dan orang tua) untuk dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2018 06:50
Last Modified: 22 Oct 2018 06:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4327

Actions (login required)

View Item View Item