Mushaoddiqoh, Umi (2015) EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS DENGAN ALAT PERAGA KARTU BILANGAN PADA MATERI OPERASI PERKALIAN KELAS III DI MI MA’ARIF MANGUNSARI SALATIGA. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
umi mushaoddiqoh_11509015.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan melihat dari minimnya kreatifitas guru dalam penyampaian materi operasi perkalian juga siswa belum memahami konsep perkalian. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah Apakah metode STAD dengan alat peraga kartu bilangan efektif digunakan pada materi operasi perkalian siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma‟arif Mangunsari Salatiga tahun pelajaran 2013/2014? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode STAD dengan alat peraga kartu bilangan pada materi operasi perkalian pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma‟arif Mangunsari Salatiga tahun pelajaran 2013/2014. Penilitian disini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan memggunakan pendekatan eksperimen semu. Yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas IIIA sebagai kelas kontrol dan kelas IIIB sebagai kelas eksperimen. Dan menggunakan analisis data SPSS. Berdasarkan pretest, posttest dan angket yang diberikan kepada siswa menunjukkan bahwa kelas kontrol dan kelas eksperimen mendapatkan nilai yang berbeda. Kelas kontrol mendapatkann nilai rata-rata kelas 69.81 sedangkan kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata kelas 88.88. Maka metode STAD dengan alat peraga kartu bilangan efektif materi operasi perkalian pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma‟arif Mangunsari Salatiga tahun pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Feb 2016 07:30 |
Last Modified: | 22 Feb 2016 07:30 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/433 |
Actions (login required)
View Item |