PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK SUB TEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF GEDANGAN,KEC. TUNTANG, KAB. SEMARANG,TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NIKMAH, ANIS ULFATUN (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK SUB TEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF GEDANGAN,KEC. TUNTANG, KAB. SEMARANG,TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
anis ulfa.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik sub tema manusia dan lingkungan dengan menggunakan strategi pembelajaran active learning tipe card sort pada siswa kelas V MI Ma’arif Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Tahun Pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’arif yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian pada pra siklus, siklus I, dan siklus II diperoleh data sebagai berikut: Standart KKM pembelajaran tematik adalah 70. Hasil Pra siklus siswa yang tuntas adalah 13 siswa (34,20%) dan yang belum tuntas adalah 25 siswa (65,70%) dengan rata-rata 59,73. Hasil belajar siswa dalam pre test siklus I yang tuntas adalah 16 siswa (42,10%) dan yang belum tuntas adalah 22 siswa (57,80%) dengan rata-rata 61,84. Adapun dalam post test siswa yang tuntas adalah 26 siswa (68,40%) dan yang belum tuntas adalah 12 siswa (31,50%) dengan rata-rata 69,73. Hasil belajar siswa yang tuntas dalam pre test siklus II adalah 29 siswa (76,30%) dan yang belum tuntas adalah 9 siswa (23,60%) dengan rata-rata 70. Adapun dalam post test siswa yang tuntas adalah 34 siswa (89,40%) dan yang belum tuntas adalah 4 siswa (10,50%) dengan rata-rata 78,15. Strategi pembelajaran active learning tipe card sort dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas V MI Ma’arif Gedangan. Hasil pra siklus ke siklus I terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 34,20%, sedangkan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 21%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2018 07:12
Last Modified: 22 Oct 2018 07:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4330

Actions (login required)

View Item View Item