Wulandari, Rica Risti (2018) Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Perjuangan Melawan Penjajah Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri dengan Penggunaan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Miftahul Huda Desa Lopait Kec Tuntang Kab Semarang Tahun 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Rica Risti wulandari.pdf Download (5MB) |
Abstract
MI Ma’arif Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang dalam pembelajaran IPS belum menggunakan berbagai strategi pembelajaran aktiv seringnya masih menggunakan metode ceramah. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dan mudah bosan terhadap materi yang disampaikan oleh guru terutama materi perjuangan melawan penjajah. Terbukti dari hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 70 mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran Inkuiri dengan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perjuangan melawan penjajah pada siswa kelas V MI Ma’arif Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2018?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran Inkuiri dan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perjuangan melawan penjajah pada siswa kelas V MI Ma’arif Miftahul huda Lopait Kec.Tuntang Kab.Semarang Tahun 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’arif Miftahul Huda Lopait Kec.Tuntang Kab.Semarang yang berjumlah 23 siswa meliputi 9 laki-laki dan 14 perempuan. Instrumen penelitian meliputi RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Inkuiri dengan penggunaan media audio visual dapat meingkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif Miftahul Huda Lopait Kec.Tuntang Kab.Semarang Tahun 2017/2018. Peningkatan siswa yang tuntas dari Sikus I ke Siklus II yaitu 21,74% dan Siklus II ke Siklus III 17,39% .
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Oct 2018 01:26 |
Last Modified: | 24 Oct 2018 01:26 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4346 |
Actions (login required)
View Item |