Peningkatan IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui metode make a match dan media audio visual pada siswa kelas V semester II MI Baran Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2017/2018

Nugrahani, Zulfa (2018) Peningkatan IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui metode make a match dan media audio visual pada siswa kelas V semester II MI Baran Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ZULFA PGMI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V MI Baran Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode make a match dan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V semester II MI Baran Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V Semester II MI Baran Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Melalui metode make a match dan media audio visual ada peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat kondisi awal yaitu 44,82% siswa yang tuntas belajar, pada siklus I meningkat menjadi 68,96% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 89,65% siswa yang tuntas. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode make a match dan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V Semester II MI Baran Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2018 01:40
Last Modified: 24 Oct 2018 01:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4348

Actions (login required)

View Item View Item