Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kenampakan Alam Dan Buatan Melalui Strategi Mind Map Dan Media Miniatur Pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Watuagung Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018

Darmawan, Rhiki (2018) Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kenampakan Alam Dan Buatan Melalui Strategi Mind Map Dan Media Miniatur Pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Watuagung Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi kenampakan alam dan buatan pada siswa kelas V MI Ma’arif Watuagung kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan strategi mind map dan media miniatur dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kenampakan alam dan buatan pada siswa kelas V MI Ma’arif Watuagung Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018, Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPS materi kenampakan alam dan buatan pada siswa kelas V MI Ma’arif Watuagung Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Melalui strategi mind map dan media miniatur siswa kelas V MI Ma’arif Watuagung telah mengalami peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat kondisi awal yaitu 30% siswa yang tuntas belajar, pada siklus I meningkat menjadi 45% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 85% siswa tuntas. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui strategi mind map dan media miniatur dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kenampakan alam dan buatan pada siswa kelas V MI Ma’arif Watuagung kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2018 02:44
Last Modified: 24 Oct 2018 02:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4366

Actions (login required)

View Item View Item