Febriyani, Rizki (2018) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Pengelolaan Wakaf Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada Siswa Kelas X Semester II SMK Gajah Mada Pabelan Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
111-14-176.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa SMK Gajah Mada Pabelan pada pembelajaran PAI. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya varian metode yang digunakan oleh guru saat pembelajaran. Metode yang diigunakan guru dalam proses pembelajaran adalah metode konvensional yaitu ceramah. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar PAI materi pengelolaan wakaf pada siswa kelas X semester II SMK Gajah Mada. Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Gajah Mada dengan jumlah siswa sebanyak 27 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini diketahui bahwa pada pra siklus yang mencapai KKM sebanyak 10 siswa atau 37% dengan nilai rata-rata 65,81 pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 18 siswa atau 67% dengan nilai rata-rata 78,29 dan siklus II yang mencapai KKM sebanyak 24 siswa atau 89%. Nilai rata-rata yang dihasilkan pada siklus II ini sebanyak 85,14 menunjukkan bahwa telah mencapai KKM individu yaitu 75. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan metode kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar PAI materi wakaf pada siswa kelas X SMK Gajah Mada Pabelan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Oct 2018 02:48 |
Last Modified: | 24 Oct 2018 02:48 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4367 |
Actions (login required)
View Item |