PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI STRATEGI PETA KONSEP PADA SISWA KELAS IV MI KETAPANG KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2013

Sari, Nana Yunita (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI STRATEGI PETA KONSEP PADA SISWA KELAS IV MI KETAPANG KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2013. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Nana Yunita Sari_11509051.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa MI Ketapang saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya variasi metode yang digunakan oleh guru saat pembelajaran. Metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran adalah metode konvensional yaitu ceramah. Masalah yang dikaji adalah bagaimana peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Sumber Daya Alam melalui strategi peta konsep pada siswa kelas IV MI Ketapang, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang tahun 2013? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan strategi pembelajaran peta konsep. Data dalam penelitian ini diambil dengan metode observasi atau melihat perilaku guru. Serta metode dokumentasi berupa nilai evaluasi siswa. Data dianalisis secara kuantitatif berupa angka. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga kali siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan tindakan kelas ini berhasil meningkatkan hasil belajar siswa Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil belajar pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa yakni 60,3 dengan siswa tuntas adalah 8 siswa atau 53,3% siswa. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa yakni 70,7 dengan siswa tuntas adalah 11 siswa atau 73,3% siswa. Pada siklus III diperoleh nilai rata-rata siswa yakni 80 dengan siswa tuntas adalah 14 siswa atau 93,3% siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti merekomendasikan model pembelajaran dengan strategi peta konsep menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2016 07:53
Last Modified: 22 Feb 2016 07:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item View Item