Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menyimak Dongeng Melalui Media Boneka Tangan (Hand Puppet) dan Gambar Binatang pada siswa Kelas II SDN Rapah 03 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun 2018

SOFIYAH, WACHIDDATUL (2018) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menyimak Dongeng Melalui Media Boneka Tangan (Hand Puppet) dan Gambar Binatang pada siswa Kelas II SDN Rapah 03 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
sofiyah.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Rapah 03 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan media boneka tangan (hand puppet) dan gambar binatang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media boneka tangan (hand puppet) dan gambar binatang dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menyimak dongeng pada siswa kelas II SDN Rapah 03 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang tahun 2018?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Rapah 03 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang tahun 2018. Dengan jumlah siswa 23 yang terdiri dari 11 laki-laki dan 12 perempuan. Instrumen penelitian meliputi RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media boneka tangan (hand puppet) dan gambar binatang dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas II SDN Rapah 03 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang tahun 2018. Dapat dilihat dari hasil belajar pada Pra siklus terdapat 9 siswa yang tuntas dengan persentase 39,13%, pada siklus I sebanyak 11 siswa yang tuntas dengan persentase 47,82%, dan siklus II sebanyak 21 siswa yang tuntas dengan persentase 91,30%. PTK ini dinyatakan berhasil karena ketuntasan belajar siswa 91,30% (≥ 85%). Siswa yang belum tuntas belajar pada siklus II akan diberikan tindakan mandiri berupa latihan-latihan atau remidial yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2018 03:59
Last Modified: 24 Oct 2018 03:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4383

Actions (login required)

View Item View Item