PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SDIT IZATUL ISLAM GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Kaswari, budi (2015) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SDIT IZATUL ISLAM GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Budi Kaswari_11509042.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Pada tataran sekolah, kriteria pencapaian pendidikan karakter adalah terbentuknya budaya sekolah, yaitu perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian, dan simbol-simbol yang dipraktikan oleh semua warga. Oleh sebab itu, peneliti tertarik meneliti penerapan pendidikan karakter di SDIT Izzatul Islam Getasan. Sekolah tersebut mampu melaksanakan pendidikan karakter daam pelaksanaan pembelajaranya. Permasalahan dalam peneliti ini adalah “Bagaimana Penerapan Pendidikan Karakter di SDIT Izzatul Islam Getasan”. Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mengetahui Penerapan Pendidikan Karakter di SDIT Izzatul Islam Getasan”. Metode Pengumpulan data yang diguakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, wawacara, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan deskriptif. Salah satu karakter kualitatif adalah deskriptif, artinya data-data yang dikumpulkan berupa kata-kata, atau gambar-gambar, dan bukan angka-angka. Dengan demikian laporan peneitian ini akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberikan gambaran penyajian tersebut. Pendekatan deskriptiif kualitatif digunakan untuk membuat deskripsi mengenai variable yang diteliti, jadi dalam penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kajian terhadap informasi/kata-kata, tindakan, dan dokumen atau pustaka, artinya yang menjadi sumber dan pokok dalam penelitian ini adalah kumpulan kata-kata dan tindakan dengan tambahan data dokumen dan catatan, yang terkait dengan proses penerapan pendidika karakter di SDIT Izzatul Islam Getasan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa komponen-komponen pendidikan seperti tujuan, nilai-nilai atau karakter dasar yang diajarkan, guru, siswa, media (sarana da prasarana) serta evaluasi dalam pembelajaran yang terpenuhi dengan baik sehingga dapat memperlancar pembelajaran. Melalui waktu belajar yang cukup guru dapat menanamkan nilai-nilai positif sebagai pembentukan karakter siswa, yang tidak hanya berupa pengetahuan saja, melainkan melalui pembnaan-pembinaan yang dikembangkan melalui belajar praktik keagamaan yang pada akhirnya menjadi kebiasaan (menjadi karakter) siswa dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendidikan karakter di SDIT Izzatul Islam Getasan diterapkan melalui beberapa kegiatan baik dalam kegiatanpembelajaran melalui mata pelajaran, melalui kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan sebelum jam pelajaran serta peringatan hari besar keagamaan dan hari besar nasional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2016 07:57
Last Modified: 22 Feb 2016 07:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item View Item