PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL HADIS DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 4 MAGELANG TAHUN 2017/2018

Baroroh, Mar’atul (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL HADIS DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 4 MAGELANG TAHUN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan merupakan usaha membuat sesuatu yang lebih baik daipada yang sebelumnya sehingga dengan adanya peningkatan sesuatu akan menjadi lebih baik. Kemampuan adalah potensi yang ada pada diri seseorang dimana potensi itu akan dikembangkan jika dilakukan latihan. Sedangkan menghafal hadis merupakan bagian dari indikator pembelajaran Al-Qur’an Hadis diMadrasah Tsanawiyah dan termasuk materi penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran tutor sebaya berarti siswa mengajar siswa lainnya atau yang berperan sebagai pengajar (tutor) adalah siswa. Metode pembelajaran tutor sebaya adalah suatu strategi pembelajaran yang kooperatif dimana rasa saling menghargai dan mengerti dibina diantara siswa berpartisipasi aktif dan dapat memecahkan masalah bersam-sama, sehingga pemerataan terhadap materi pembelajaran yang diberikan dapat tercapai. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana penelitian ini dilakukan karena temuan masalah dalam kelas untuk diadakan perbaikan. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus dan pada tiap siklusnya terdiri dari empat langkah kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian yang hendak diperoleh untuk mengetahui apakah metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan menghafal hadis siswa kelas VIIIE MTs Negeri 4 Magelang Tahun 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode tutor sebaya dalam pelajaran Al-Qur’an Hadis mampu meningkatkan kemampuan menghafal hadis. Hasil yang diperoleh sebelum menggunakan metode totur sebaya hanya 13 siswa yang tuntas atau 43%, dan setelah menggunakan metode tutor sebaya dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis dalam menghafal hadis pada siklus I siswa yang mencapai KKM dalam menghafalkan hadis menjadi 20 siswa atau 64%, meningkat 7 siswa atau 36% dari kondisi awal. Kemudian pada siklus II siswa yang mencapai KKM menjadi 29 siswaatau 93% > 85% dan penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil. Sehingga dari data tersebut penulis menyimpulkan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan menghafal Hadis pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2018 01:32
Last Modified: 25 Oct 2018 01:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4423

Actions (login required)

View Item View Item