Ristiyani, Asri. 2018. Penerapan Media Slide PowerPoint dan Alat Peraga Pita Garis Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV MI Negeri 5 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018

Ristiyani, Asri (2018) Ristiyani, Asri. 2018. Penerapan Media Slide PowerPoint dan Alat Peraga Pita Garis Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV MI Negeri 5 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV MI Negeri 5 Boyolali. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah dengan penerapan media slide PowerPoint dan alat peraga pita garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV MI Negeri 5 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua siklus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penerapan media slide PowerPoint dan alat peraga pita garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV MI Negeri 5 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. Melalui media slide PowerPoint dan alat peraga pita garis bilangan ada peningkatan hasil belajar, hal ini ditandai dengan nilai siswa yang mencapai KKM sebesar 65, yakni pada pra siklus nilai dari 19 siswa diketahui hanya 11 (57,89%) yang tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 65,26. Pada siklus I meningkat menjadi 13 (68,42%) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 74,74. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 17 (89,47%) siswa tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 90,53. Hal ini berarti pencapaian sebesar 89,47% lebih besar dari Kriteria Ketuntasan Klasikal yaitu sebesar 85%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:04
Last Modified: 25 Oct 2018 02:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4429

Actions (login required)

View Item View Item