INDRIANI, NOPI (2018) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Data Dan Pengukuran Melalui Model Student Team Achievement Division Dan Media Kartu Soal Pada Siswa Kelas IV SDIT Nidaul Hikmah Sidorejo Kidul Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI NOPI fix (Repaired) (Repaired).pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Student Team Achievement Division (STAD) dan media kartu soal dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi data dan pengukuran pada siswa kelas IV SDIT Nidaul Hikmah Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran matematika dan siswa kelas IV SDIT Nidaul Hikmah Sidorejo Kidul Kecamatan Tingkir Kota Salatiga yang terdiri dari 26 siswa yaitu 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara, lembar observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 70 (sesuai dengan KKM yang diberlakukan di SDIT Nidaul Hikmah) sekaligus ditandai adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal yang besarnya 85%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Student Team Achievement Division (STAD) dan media kartu soal dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi data dan pengukuran pada siswa kelas IV SDIT Nidaul Hikmah Sidorejo Kidul Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dibuktikan dengan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan model Student Team Achievement Division (STAD) dan media kartu soal hanya 23,07% (6 siswa) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 76,93% (20 siswa) belum memenuhi KKM, meningkat pada siklus I yang menunjukkan bahwa siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal 61,54% (16 siswa) dengan nilai rata-rata 70. Sedangkan pada siklus II kriteria ketuntasan klasikal sebesar 88,46% (23 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-ratanya adalah 82,30. Dengan demikian, hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 26,92%
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Oct 2018 02:08 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 02:08 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4431 |
Actions (login required)
View Item |