POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBIMBING PERILAKU SOSIAL ANAK KELOMPOK B TK ISLAM AS-SALAM DESA TLOGO KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG

lulu’ Annikmah, Lisna (2018) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBIMBING PERILAKU SOSIAL ANAK KELOMPOK B TK ISLAM AS-SALAM DESA TLOGO KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
1-5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini tentang pola asuh orang tua dalam membimbing perilaku sosial anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh yang digunakan orang tua pada anak kelompok B TK Islam As-Salam Tlogo Tuntang dan kendala yang dihadapi orang tua dalam membimbing perilaku sosial anak kelompok B TK Islam As-Salam Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Data deskriptif yang diperoleh degan menggunakan berbagai cara untuk mengumpulkan data penelitian tersebut. Cara pertama observasi, cara kedua wawancara dan cara ketika dokumentasi. Informan pada penelitian ini berjumlah 4 orang, yakni KM orang tua dari siswa AZ, SH orang tua dari siswa LU, RI orang tua dari siswa FY, dan EI orang tua dari siswa NA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua siswa kelompok B TK Islam As-Salam yaitu pola asuh demokratis, permisif, dan otoriter. Pola asuh demokratis yaitu dengan memberikan kelonggaran kepada anak untuk menyampaikan apa yang dirasakan dan diinginkan oleh anak, orang tua memberikan kasih sayang yang sewajarnya kepada anak, serta orang tua tetap memberi kontrol kepada anak. Pola asuh otoriter yaitu dengan orang tua memberikan aturan yang harus ditaati oleh anak, jika anak tidak menuruti aturan tersebut orang tua tidak segan-segan untuk memberikan hukuman, tak jarang orang tua memberikan hukuman dengan hukuman fisik. Dengan pola asuh otoriter ada beberapa anak yang menjadi lebih disiplin, menghargai orang lain dan ada beberapa anak yang menjadi sulit diatur, sering berbuat onar, dan tidak bertanggung jawab. Dan pola asuh permisif yaitu dengan orang tua memberikan semua keinginan anak asalkan keinginan tersebut masih dalam hal yang positif, yang menjadikan anak memiliki tanggung jawab. Dan ada orang tua yang orang tua memberikan kebebasan kepada anak tanpa mengontrol perilaku anak dan orang tua terlalu memberikan kasih sayang yang lebih kepada anak sehingga anak menjadi manja, egois dan sulit untuk bersosialisasi. Kendala yang dihadapi oleh orang tua dalam membimbing perilaku sosial anak yaitu tidak adanya waktu orang tua untuk menontrol perilaku anak yang menjadikan anak kurang terkontrol, sering membuat onar, sulit untuk bersosialisasi dikarenakan likungan rumah yang tidak mendukung untuk untuk mengembangkan sosialnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu murni
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:34
Last Modified: 25 Oct 2018 02:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4437

Actions (login required)

View Item View Item