PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) METERI HUKUM BACAAN TAJWID MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII F SMP N 1 TENGARAN KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Solikhah, Khafidzotus (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) METERI HUKUM BACAAN TAJWID MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII F SMP N 1 TENGARAN KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI KHAFIDZOTUS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam, Hukum Bacaan Tajwid dalam bab hukum nun sukun/tanwin, dan Metode mind mapping Masalah pokok dalam penelitian ini yaitu Apakah penerapan metode mind mapping dalam mata pembelajaran pendidikan agama islam materi hukum bacaan nun sukun/tanwin dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VII F SMP N 1 Tengaran tahun pelajaran 2017/2018. Oleh karena itu, tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui penerapan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode mind mapping dalam mata pembelajaran pendidikan agama islam materi hukum bacaan nun sukun/tanwin dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VII F SMP N 1 Tengaran tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pra siklus dan tiga siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam penerapan metode mind mapping dalam mata pelajaran pendidikan agama islam materi hukum bacaan nun sukun/tanwin. Metode observasi digunakan untuk mengetahui dan menilai aktivitas siswa dan guru dalam KBM berlangsung. Sedangkan dokumentasi digunakan sebagai bukti bahwa penelitian ini memiliki data dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Hasil dari penelitian ini mulai dari pra siklus, siklus I, siklus II, dan siklus III mengalami peningkatan ketuntasan belajar siswa. Dari 32 siswa pra siklus memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 11 siswa yang tuntas atau dalam prosentase 34,3%. Siklus I memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa adalah 14 siswa atau prosentasenya adalah 43,7% sehingga, dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 3 siswa. Siklus II memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa adalah 18 siswa atau persentasenya adalah 56,2% sehingga, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 4 siswa, dan dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 11 siswa. Data ketuntasan siswa yang dimiliki siklus III yaitu sebanyak 29 siswa yang tuntas dan dalam persentasenya adalah 90,6%. Adapun, nilai rata-rata kelas yang diperoleh dari hasil nilai setiap siklus juga mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus memiliki rata-rata 62,1 pada siklus I memiliki rata-rata 64,8 pada siklus II memiliki rata-rata 74 dan pada siklus III memiliki rata-rata 89. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII F di SMP N 1 Tengaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:56
Last Modified: 25 Oct 2018 02:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4438

Actions (login required)

View Item View Item