Fahmi, Ahmad Nur (2018) Penggunaan Media Audiovisual Sparkol Videoscribe dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Meraih Berkah dengan Mawaris Siswa Kelas XII-MIPA 1 SMA Negeri 3 Pati Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi Bahasa Indonesia.pdf Download (2MB) |
Abstract
: Rendahnya dan kurangnya prestasi siswa dalam studi mereka menjadi salah satu problematika di sekolah. Di sisi lain, teknologi informasi dalam dunia pendidikan sekarang ini menjadi suatu peranan yang dapat menunjang kualitas dan tujuan dari kegiatan belajar mengajar. Sparkol videoscibe merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar sehingga dapat menunjang aktivitas belajar siswa baik di sekolah maupun di rumah. Materi mawaris pada kelas XII Pendidikan Agama Islam Merupakan salah satu materi yang menurut siswa cukup berat dibandingkan dengan materi yang lain. Sehingga tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Mawaris pada kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 3 Pati melalui penggunaan media audiovisual Sparkol Videoacribe. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus yang didahului dengan kegiatan pra siklus guna mengetahui situasi dan kondisi siswa sebelum adanya penelitian. Langka-langkah dalam penelitian tersebut dimulai dari langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yakni pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Media pembelajaran audiovisual Sparkol videoscribe dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, hal ini dapat dibuktikan adanya peningkatan siswa dalam memperhatikan penjelasan guru, ketertarikan dalam materi pelajaran, keatifan siswa di kelas. Termasuk juga peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yang menjadi tujuan utama penelitian ini. Jumlah siswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa. Indikator keberhasilan yang ditentukan yakni 67. Dari pra siklus yakni sebanyak 11 siswa atau ketuntasan 30% terjadi peningkatan pada siklus 1 menjadi sejumlah 27 siswa atau sebesar 75% kemudian meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 35 siswa atau sebesar 97%. Yang mana secara garis besar nilai siswa dikatakan meningkat dan mencapai batas indikator keberhasilan yang ditentukan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Oct 2018 03:07 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 03:07 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4441 |
Actions (login required)
View Item |