pengembangan kemampuan berhitung anak menggunakan media almari pintarkelompok a di ba aisyiyah tukangtahun pelajaran 2017/2018

Kholifah, Umi (2018) pengembangan kemampuan berhitung anak menggunakan media almari pintarkelompok a di ba aisyiyah tukangtahun pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
UMI KHOLIFAH 11614020.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pada aspek kognitif, kemampuan berhitung anak di BA Aisyiyah Tukang sangatlah kurang. Hal ini dikarenakan kurang kreatifnya guru kelas dalam pengaplikasian media pembelajaran, sehingga anak hanya menghafal bilangan namun belum bisa menyesuaikan antara bilangan dengan lambang bilangan. Selain karena kurang kreatifnya guru kelas menggaplikasikan media pada pembelajaran anak kurangnya keampuan berhitung juga dipengaruhi oleh tidak efektifnya pembelajaran berhitung bagi anak di BA Aisyiyah Tukang. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah kemampuan berhitung anak dapat dikembangkan melalui media almari pintar pada kelompok A BA Aisyiyah 2018? Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kemampuan berhitung anak kelompok A BA Aisyiyah Tukang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelompok A di BA Aisyiyah Tukang yang berjumlah 20 siswa yang meliputi 13 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH), lembar observasi guru, lembar observasi siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan Tes. Teknik analisis secara deskriptif dengan menggunakan rumus persentase, apabila anak yang mendapat nilai MM lebih dari 80% maka dapat dikatakan berhasil dan pembelajaran akan dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan berhitung menggunakan media almari pintar dapat mengembangkan kemampuan berhitung anak di BA Aisyiyah Tukang tahun 2018. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan tingkat perkembangan anak dari siklus I hanya ada 7 anak yang mulai berkembang dan pada siklus II ada 11 anak yang sudah berkembang dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu murni
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2018 06:54
Last Modified: 25 Oct 2018 06:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4455

Actions (login required)

View Item View Item