Sadila, Novi Ad’ha (2018) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Pelaksanaan Haji Menggunakan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas X Semester 2 Teknik Sepeda Motor SMK N 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
skripsi fix.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi Pengelolaan haji pada siswa kelas X semester 2 jurusan Teknik Sepeda Motor SMK N 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI dan siswa kelas X semester 2 jurusan Teknik Sepeda Motor SMK N 3 Salatiga yang terdiri dari 2 siswa perempuan dan 27 siswa laki-laki. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu ≥ 75 (sesuai KKM yang diberlakukan di SMK N 3 Salatiga) sekaligus dengan ditandai adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Minimal. Berdasarkan hasil penelitian ini mennjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi Pengelolaan haji pada siswa kelas X semester 2 jurusan Teknik Sepeda Motor SMK N 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dpat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan metode pembelajaran kontekstual hanya 9 siswa yang tuntas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dengan presentase 31,03%, sedangkan 20 siswa tidak belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dengan presentase 68,96%. Meningkat pada siklus I siswa mencapai ketuntasan klasikal 44,82 % (13 siswa tuntas KKM dengan presentase 44,82%, sedangkan 16 siswa belum tuntas KKM dengan presentase 55,17%). Terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II yaitu siswa mencapai ketuntasan klasikal sebesar 96,55 % (1 siswa belum tuntas KKM dengan presentase 3,44%, sedangkan 28 siswa tuntas KKM dengan presentase 96,55). Dengan demikian, hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 51,73%
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Fiqih (Hukum Islam) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Oct 2018 07:27 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 07:27 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4465 |
Actions (login required)
View Item |