Pengembangan Karakter Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMAN 1 Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019

Agustian, Hanif Nurcahya (2018) Pengembangan Karakter Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMAN 1 Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui dalam mengembangkan budaya religius melalui orientasi kegiatan pramuka pada peserta didik agar dapat mempersiapkan generasi yang berkualitas keimanannya. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengembangan karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka Pada Peserta didik SMA Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui metode dalam pengembangan karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka Pada Peserta didik SMA Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. (3) Untuk mengetahui kendala dalam pengembangan karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka Pada Peserta didik SMA Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Bentuk penelitian yang berjudul “Pengembangan Karakter Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Pada Peserta didik SMA Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2018/2019” adalah jenis penelitian kualitatif, metode yang digunakan adalah deskriptif analisis, teknik pengambilan data melalui observasi, instrumen wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa, (1) Pengembangan Karakter Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMAN 1 Pabelan Kabupaten Semarang Tahun pelajaran 2018/2019, dapat diterapkan pada orientasi kepramukaan di lingkungan sekolah, masyarakat maupun dalam kehidupan sehari-hari. Pengembangan karakter religius dapat diaplikasikan melalui kegiatan membiasakan dalam ketaatan beribadah, membiaskan dzikir, mengucapkan kalimat tayyibah, membiasakn berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan, menjunjung tinggi rasa toleransi, kepedulian, kedisiplinan. (2) Metode pengembangan karakter religius yakni belajar sambil melakukan (learning by doing), Sistem beregu, kegiatan yang menarik dan menantang di alam terbuka yang mengandung pendidikan yang sesuai dengan perkembangan rohani dan jasmani anggota muda, Kegiatan di alam terbuka, kemitraan dengan anggota dewasa dalam setiap kegiatan, Sistem tanda kecakapan, Sistem satuan terpisah untuk putera dan puteri, Kiasan dasar, Sistem among. (3) Kendala dalam pengembangan karakter religius adalah Keadaan siswa yang kurang siap dalam mengatur waktu, orang tua yang kurang mendukung, dan pengaruh orang lain atau teman

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2018 04:25
Last Modified: 26 Oct 2018 04:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4483

Actions (login required)

View Item View Item