Hubungan Keakifan Dengan Kebiasaan Membaca Peserta Didik SMP Muhammadiyah Salatiga

Puspitasari, Dyah (2018) Hubungan Keakifan Dengan Kebiasaan Membaca Peserta Didik SMP Muhammadiyah Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
HUBUNGAN KEAKTIFAN LITERASI DENGAN KEBIASAAN MEMBACA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya data dalam penelitian Programme for International Student Assessment (PISA) 2012 yang menyatakan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-64 dari 65 negara soal minat membaca. Oleh karena itu pemerintah menyelengarakan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang didasarkan pada dikeluarkannya Permendikbud no 23 tahun 2015. Penulisan Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti literasi terhadap kebiasaan membaca peserta didik SMP Muhammadiyah Salatiga tahun 2018. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Bagaimana keaktifan peserta didik dalam Program Literasi?, (2) Bagaimana kebiasaan membaca peserta didik?, (3) Adakah pengaruh yang positif keaktifan Literasi terhadap kebasaan membaca peserta didik?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi seluruh peserta didik SMP Muhammadiyah Salatiga yaitu 386 peserta didik, teknik sampel yang digunakan adalah random sampling, dengan jumlah sampel 100 peserta didik, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket. Hasil penelitian keaktifan peserta didik SMP Muhammadiyah Salatiga dalam kegiatan literasi termasuk kategori sedang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian bahwa kategori tinggi ada 13 peserta didik (13%), kategori sedang 57 Peserta didik (57%), kategori Kurang 27 Peserta didik (27%) dan kategori rendah 3 peserta didik (3%). Sedangkan hasil penelitian kebiasaan membaca peserta didik SMP Muhammadiyah Salatiga termasuk kategori sedang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian bahwa kategori tinggi ada 28 peserta didik (28%), kategori sedang 66 Peserta didik (66%), kategori Kurang 5 Peserta didik (5%) dan kategori rendah 1 peserta didik (1%). Selanjutnya data yang dianalisis dengan menggunakan regresi, menunjukkan tidak ada hubungan antara Keaktifan Literasi dengan kebiasaan membaca peseta didik SMP Muhammadiyah Salatiga. Hal ini ditunjukkan hasil analisis korelasi regresi dari hasil Rxy hitung sebesar 0,107 sedangkan Rxy tabel 0,195 untuk taraf signifikasi 5 %. Keaktifan literasi dengan kebiasaan membaca tidak berhubungan karena kebiasaan adalah kegiatan yang harus dilakukan dalam jangka panjang dan waktu yang lebih intensif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2018 02:30
Last Modified: 29 Oct 2018 02:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4506

Actions (login required)

View Item View Item