Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kemusu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018

Aprilia, Danik (2018) Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kemusu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI REVISI PDF.pdf

Download (24MB)

Abstract

Motivasi belajar yang tinggi akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Begitu pula dengan perhatian yang diberikan oleh orang tua dalam pendidikan anak. Perhatian orang tua yang diberikan kepada anak, akan membuat anak menjadi termotivasi untuk belajar dan secara tidak langsung akan mempengaruhi prestasi belajarnya. Berdasarkan survey yang dilakukan di MI Muhammadiyah Kemusu, prestasi belajar siswa kelas V masih rendah. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Motivasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Kemusu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2017/2018; (2) Perhatian orang tua siswa kelas V MI Muhammadiyah Kemusu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2017/2018; (3) Prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Kemusu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2017/2018; (4) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Kemusu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2017/2018; (5) Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Kemusu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2017/2018; (6) Pengaruh motivasi belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Kemusu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasi. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis product moment dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Kemusu termasuk dalam kategori sedang, perhatian orang tua siswa kelas V MI Muhammadiyah Kemusu termasuk dalam kategori sedang, sedangkan untuk prestasi belajar kelas V MI Muhammadiyah Kemusu termasuk dalam kategori sedang. Uji hipotesis menunjukkan bahwa r hitung>r tabel pada taraf signifikansi 5% (0,344) terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dan perhatian orang tua secara simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kemusu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2017/2018, didukung dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,752

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2018 02:47
Last Modified: 29 Oct 2018 02:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4509

Actions (login required)

View Item View Item