Peningkatan hasil belajar IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan melalui media audio-visual dan metode snowball theowing pada kelas V MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga tahun ajaran 2017/2018

CAHYANI, DHIAN WIJI (2018) Peningkatan hasil belajar IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan melalui media audio-visual dan metode snowball theowing pada kelas V MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga tahun ajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi dhian wiji cahyani.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media audio-visual dan metode permainan snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar dan pencapaian target KKM pada mata pelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelas V MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga tahun ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Penelitian dilakukan pada semester dua pada tahun 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dibuat oleh guru di kelas nya sendiri dengan cara (1) merencanakan,(2) melaksanakan,dan (3) merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sebagai guru,sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.PTK dilakukan melalui pengkajian atau inkuiri terhadap permasalahan dengan ruang lingkup dan situasi yang terbatas (kontekstual dan situasional) melalui refleksi diri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menggunakan media audio-visual dan metode permainan snowball throwing. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan media audio-visual dan metode snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa. Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM pada Pra siklus sebanyak 2 siswa (12%). Pada siklus I meningkat sebanyak 6 siswa atau (35%), pada siklus II sebanyak 9 siswa yang tuntas atau (53%), dan pada siklus III ini sebanyak 15 siswa atau (88%) nilai yang didapatkan siswa kelas V MI Ma’arif Global Blotongan sudah mengalami peningkatan dengan rata-rata kelasnya 82 jadi, telah mencapai ≥85% dari Kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2018 03:06
Last Modified: 29 Oct 2018 03:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4513

Actions (login required)

View Item View Item