Upaya Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Salatiga dan Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Pulutan Salatiga Tahun 2018

Khasanah, Nur Nimatul (2018) Upaya Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Salatiga dan Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Pulutan Salatiga Tahun 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV di MIN Salatiga dan MI Ma’arif Pulutan Salatiga tahun 2018, apa faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV di MIN Salatiga dan MI Ma’arif Pulutan Salatiga tahun 2018, bagaimana prestasi belajar matematika siswa kelas IV di MIN Salatiga dan MI Ma’arif Pulutan Salatiga tahun 2018, dan adakah persamaan dan perbedaan upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV di MIN Salatiga dan MI Ma’arif Pulutan Salatiga tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara kepala madrasah, guru, dan siswa, dan sumber data sekunder yaitu berupa buku-buku referensi, dan dokumentasi. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar matematika kelas IV pada kedua madrasah yakni upaya dalam memotivasi siswa dengan menciptakan suasana kelas yang kompetitif, upaya dalam membimbing siswa di MIN Salatiga yakni les malam di MI Ma’arif Pulutan yakni ekstra OSN (Olimpiade Sains Nasional), upaya dalam proses pelaksanaan pembelajaran di MIN Salatiga yaitu mengadakan sarapan pagi matematika dan di MI Ma’arif Salatiga quiz di awal pembelajaran, menggunakan metode dan model pembelajaran yang variatif, menggunakan berbagai permainan dalam pembelajaran dan upaya dalam evaluasi yaitu ulangan harian, PTS (Penilaian Tengah Semester) dan PAS (Penilaian Akhir Semester)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2018 03:19
Last Modified: 29 Oct 2018 03:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4516

Actions (login required)

View Item View Item