UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPSMATERI TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI MELALUI STRATEGI MIND MAP DAN REWARD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 MANGGARWETAN KEC. GODONG KAB. GROBOGAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Sakdiyah, Halimatus (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPSMATERI TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI MELALUI STRATEGI MIND MAP DAN REWARD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 MANGGARWETAN KEC. GODONG KAB. GROBOGAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
halim pdf.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi mind map dan reward dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Manggarwetan Kec. Godong Kab. Grobogan Tahun Ajaran 2017/2018 dan apakah penerapan strategi mind map dan reward dapat mencapai target KKM kelas (85%) pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Manggarwetan Kec. Godong Kab. Grobogan Tahun Ajaran 2017/2018. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Manggarwetan yang terdiri dari 16 siswa yaitu 6 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi mind map dan reward dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan strategi mind map dan reward hanya 30% (5 siswa) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 70% (10 siswa) belum memenuhi KKM. Pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 9 siswa dari 16 siswa atau 56,25% dengan nilai rata-rata 63,12. Pada siklus II yang mencapai KKM sebanyak 11 siswa dari 16 siswa atau 68,75% dengan nilai rata-rata 71,25. Sedangkan pada siklus III siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan klasikal siswa yang mencapai KKM sebanyak 14 siswa atau 87,5% ≥ 85% dengan nilai rata-rata 84,37. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan strategi mind map dan reward dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS materi teknologi produksi, komunikasi dan transportasi pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Manggarwetan Kec. Godong Kab. Grobogan Tahun Ajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:50
Last Modified: 30 Oct 2018 02:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4522

Actions (login required)

View Item View Item